Bagaimana mencegah gadget yang mengganggu merusak liburan Anda

Manusia modern yang terobsesi dengan gadget merasa sulit untuk mematikan, bahkan saat liburan. Banyak terangkum dalam berita gadget yang mempengaruhi kehidupan sehari hari. Lebih dari separuh orang dewasa yang bekerja , terutama yang lebih muda, akan mengganggu waktu istirahat untuk memeriksa apa yang terjadi di kantor.

Selain godaan untuk tetap mengikuti email kantor, pembaruan media sosial yang tidak pernah berakhir membuat sulit untuk memutuskan hubungan. Sekalipun Anda hanya sekedar mengecek berapa banyak suka yang dikumpulkan oleh foto liburan Instagram terbaru Anda, informasi ini sebenarnya membuat Anda kurang puas , dan bukan itu cara Anda ingin menghabiskan liburan Anda.

Sebagai gantinya, coba cabut dari internet dan aplikasi saat Anda istirahat. Berikut cara mencegah gadget Anda bertindak sebagai gangguan konstan — atau melangkah lebih jauh dan tinggalkan.

1. Persiapkan pelarian Anda

Untuk membantu membuat detoksifikasi digital Anda berhasil, Anda harus melakukan sedikit persiapan sebelum meninggalkan rumah. Ini akan mengurangi kekhawatiran Anda saat Anda pergi, dan membuat kolega yang putus asa atau anggota keluarga yang peduli cenderung tidak mengganggu liburan Anda. Anda harus mulai dengan menyiapkan siaga itu, email luar kantor yang tepercaya. Tulis pesan yang menjelaskan Anda akan keluar dari kantor, bagikan tanggal Anda kembali, dan beri tahu penulis tentang siapa yang harus mereka hubungi saat Anda tidak ada. Di jaringan media sosial Anda, Anda dapat memposting pesan serupa, sehingga teman dan keluarga Anda tidak panik ketika Anda tidak menanggapi obrolan grup WhatsApp mereka selama empat hari.

Di luar itu, tindakan pasti yang harus Anda ambil akan bergantung pada situasi spesifik Anda. Pikirkan tentang orang-orang yang mungkin Anda perlukan untuk menanyakan alasannya. Apakah pengasuh kucing tahu di mana semuanya disimpan? Sudahkah Anda meninggalkan rekan kerja Anda semua informasi yang mereka butuhkan tentang tanggal jatuh tempo atau pekerjaan administratif yang akan datang? Apakah petugas kebersihan Anda tahu Anda akan kehilangan kontak selama beberapa hari?

Anda tidak perlu merencanakan setiap kemungkinan — idenya bukan untuk memberi Anda terlalu banyak stres pada jam-jam sebelum Anda berangkat — tetapi bahkan sedikit pandangan ke depan akan terbayar ketika liburan Anda dimulai. Dengan begitu, Anda dapat menghindari masuk ke kalender kantor atau membalas SMS panik saat Anda harus bersantai di pantai.

2. Tinggalkan gadget di rumah

Di bawah ini, kami akan membahas cara menyembunyikan notifikasi dan mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan dalam aplikasi, tetapi jika Anda ingin benar-benar mencabut, Anda memiliki opsi yang lebih komprehensif: Tinggalkan semua perangkat elektronik Anda di rumah. Ini adalah cara paling efektif untuk benar-benar menikmati momen selama liburan Anda.

Ya, Anda tidak boleh mengemas laptop dan tablet Anda. Cetak salinan dokumen perjalanan dan rencana perjalanan Anda, kemas peta fisik, dan bawa buku untuk hiburan. Ini akan memberi Anda satu insentif lagi untuk tidak memeriksa email saat dalam perjalanan.

Ketika datang ke telepon Anda, pegangan terakhir untuk pemisah digital, ingatlah bahwa orang berhasil selamat dari liburan sebelum ada smartphone. Jika Anda memerlukan nomor kontak darurat, bagaimana dengan telepon rumah di kabin pedesaan atau meja depan hotel Anda? Jika Anda tidak tahan hidup tanpa podcast Anda, periksa apakah iPod lama Anda masih berfungsi — ya, secara teknis ini adalah gadget lain, tetapi kemungkinannya untuk memonopoli perhatian Anda jauh lebih kecil daripada telepon Anda. Demikian pula, Anda dapat mengambil foto dengan kamera digital yang diabaikan itu alih-alih dengan ponsel cerdas Anda yang lebih membuat ketagihan.

Jika Anda benar-benar membutuhkan ponsel Anda dalam keadaan darurat, atau Anda tidak memiliki kamera pengganti, lakukan tindakan yang tidak terlalu ekstrem: Tetapkan kebijakan untuk meninggalkan ponsel Anda di hotel saat Anda berangkat hari itu. Dengan begitu, Anda mungkin mengizinkan diri Anda menghabiskan waktu di layar di pagi dan malam hari, tetapi perjalanan harian Anda akan tetap bebas teknologi. Atau ambil salah satu dari langkah-langkah berikut untuk memastikan bahwa, meskipun komputer saku Anda pergi bersama Anda, itu tidak terlalu mengganggu Anda.

3. Potong data Anda

Misalnya Anda perlu membawa ponsel sehingga orang dapat menghubungi Anda jika terjadi keadaan darurat. Dalam situasi itu, Anda dapat mengaktifkan panggilan dan pesan teks tetapi menjalankan aplikasi yang tidak terlalu Anda perlukan, dari Snapchat hingga email. Anda melakukan ini dengan memotong akses ponsel Anda ke data seluler. Selain menyapih Anda dari ponsel, ini akan membantu Anda menghindari biaya roaming yang tinggi, terutama jika Anda bepergian di daerah pedesaan atau negara asing.

Untuk ponsel cerdas apa pun, cukup mudah untuk mematikan data seluler Anda. Di Android, buka Pengaturan> Jaringan & Internet> Jaringan seluler dan matikan opsi Data seluler . Di iPhone, buka Pengaturan> Data Seluler dan matikan Data Seluler . Saat Anda kembali dari liburan, buka menu yang sama untuk mengaktifkan kembali data Anda.

Jika Anda ingin membawa ponsel — katakanlah agar Anda dapat mengambil foto atau mendengarkan musik — tetapi lebih lanjut memutus konektivitasnya, Anda dapat melangkah lebih jauh dan mengalihkannya ke mode pesawat. Ini akan mencegah panggilan, teks, dan penggunaan data, tetapi Anda masih dapat mengakses kamera dan file yang disimpan secara lokal.

Pendekatan ini memang membutuhkan sedikit disiplin. Bagaimanapun, cukup mudah untuk memulihkan koneksi data seluler Anda dan mematikan mode pesawat. Selain itu, Anda selalu dapat menghubungkan ponsel Anda ke hotspot Wi-Fi. Jadi, jika Anda benar-benar pecandu teknologi, Anda dapat mempertimbangkan untuk mematikan ponsel di siang hari, atau kembali ke ide meninggalkan gadget di kamar hotel saat Anda keluar dan beraktivitas di siang hari.

4. Aplikasi diam

Bahkan jika Anda tetap mengaktifkan data Anda, Anda setidaknya dapat membatasi pemberitahuan yang memaksa Anda untuk terus-menerus memeriksa perangkat Anda yang berdengung. Tentukan beberapa aplikasi yang ingin Anda dengar saat berlibur, lalu hentikan kemampuannya untuk melakukan ping kepada Anda kapan saja, siang atau malam. Ini mengharuskan Anda melalui aplikasi ponsel Anda dengan aplikasi, jadi Anda mungkin ingin mengonfigurasi pengaturan pemberitahuan Anda saat Anda dalam perjalanan, untuk membantu menghabiskan waktu.

Di Android, Anda mengatur aplikasi mana yang dapat mengirim pemberitahuan di Pengaturan> Aplikasi & pemberitahuan : Pilih aplikasi tertentu, lalu ketuk Pemberitahuan untuk mematikan peringatannya. Di iOS, Anda ingin menemukan Pengaturan> Pemberitahuan , memilih aplikasi, dan mengonfigurasi pengaturan peringatan sesuai kebutuhan.

Jika kedengarannya terlalu memakan waktu, Anda dapat kembali ke mode Jangan Ganggu ponsel Anda, yang menetapkan batasan waktu ketika aplikasi diizinkan untuk mengganggu Anda. Di Android, ada di Pengaturan> Suara> Jangan ganggu ; di iOS di Pengaturan> Jangan Ganggu . Anda dapat menggunakan mode ini untuk membatasi notifikasi pada jendela waktu yang singkat, misalnya satu jam di pagi hari dan satu jam lagi di malam hari — atau apa pun yang Anda suka.

Untuk mengambil gagasan lebih jauh, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mematikan aplikasi media sosial seperti Twitter , Facebook , dan Instagram . Ini mencegah mereka mem-ping Anda saat Anda seharusnya sedang bersantai. Jika Anda ingin menjadi bumi hangus sepenuhnya, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk menghapus akun Anda selamanya — atau setidaknya untuk masa tenggang selama sebulan yang disediakan oleh sebagian besar jaringan ini.

5. Batasi waktu layar

Salah satu strategi terakhir untuk memutuskan sambungan adalah dengan membawa perangkat Anda, tetapi tetapkan batas yang disepakati pada waktu layar Anda. Jika Anda memiliki kemauan yang kuat, Anda dapat menetapkan jadwal,katakanlah satu jam setiap pagi dan menaatinya, tetapi mari kita jujur: Kita semua jatuh ke lubang kelinci Wikipedia dan menghabiskan waktu terlalu lama untuk melihat-lihat feed sosial kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *